15 Jun 2010

Musik unik & antik = gaul..

Beberapa hari lalu saya dan teman-teman berencana untuk bertandang kesalah satu rumah teman lainnya untuk bersilaturahmi. Setelah asik bercengkrama beberapa jam lamanya, salah satu teman saya *sebut saja si A* bermaksud menunjukan video yang dia buat tempo lalu di sebuah acara wedding kepada saya dan yang lainnya. Ketika sedang melihat secara seksama video yang ada dalam laptopnya, terjadilah sebuah percakapan antara saya dan si teman ini :

si A : Lan..tau ga ini lagu siapa??
saya : emm ga..*sambil setengah menyimak..
si A : * memalingkan wajahnya sejenak dari laptop lalu melihat wajah saya seperti terheran-heran karena saya tidak mengetahui lagu tersebut..
saya : lah emang gw ga tau..gimana dong?
si A : *masih terus melihat wajah saya lalu menghela nafas..
saya : dengan memasang muka heran saya menjawab setengah sinis.. "emang jadi sebuah keharusan untuk gw tau semua musik jazz yang lo suka, sementara gw ga demen-demen amat??.."

Lalu dia kembali memutar video lainnya dan kembali mengetes saya dengan pertanyaan yang sama. Hasilnya?? idem. Dan ga tau kenapa tiba-tiba saja terbersit dalam benak saya sebuah projek lama yang tidak kunjung rampung, sambil terus mengingat-ingat kembali hati saya ikut ngebathin..apa karena latar belakang selera musik kita yang bertolak belakang ya mas?? ah entah..


Sepulang dari bertemu dengan teman-teman, saya menceritakan kejadian ini dengan salah satu teman baik saya, Daniel. Kalo boleh jujur, dibanding yang nunjukin video ke saya, Daniel jauh jauh jaaauuuuuuuh lebih tau perkembangan segala macam genre musik. Tapi herannya orang-orang kaya gini malah jauh lebih down to earth ya. Serius deh..

Padahal udah ngobrol panjang lebar kenapa selalu ada orang model begini di sekitar kita, tapi tetep saya ga habis pikir dengan orang-orang macem begini. Dan pertanyaan yang terlintas di kepala saya tetep sama tuh : emang harus ya setiap individu mendengarkan musik yang disukai orang lain demi mendapatkan sebuah label gaul, unik, oke, keren, funky, asik dan lain sebagainya?? atau demi diakui di dalam sebuah lingkungan..

Buat saya mah apa yang saya puter sampe hari ini dalam playlist ipod saya, bukan untuk diakui orang lain bahwa saya lebih gaul, lebih oke atau bahkan lebih cupu karena ternyata ada lagu kahitna, rosa, dewi lestari atau bahkan beberapa ost film korea yang menurut pendengaran saya masih terdengar oke. Dan kadang suka geli sendiri kalo ketemu orang-orang model begini. Asik melabeli orang lain dengan caranya sendiri. Kalo saya mau saya juga bisa, situ kan juga ga paham sama selera musik yang saya anut, Lamb of God? Mxpx? Nofx? yeah yeah yeahs? atau Jericho? tapi apa pernah gitu saya nyinyir sama sampean karena selera musik yang berbeda? ga toh? Lagian mau ngapain juga sih menyikapi selera musik orang dengan cara seperti itu? mau nunjukin kalo derajat sampeyan lebih tinggi dari para poser? blah! mamam tuh poser!

Ada satu lagi kejadian yang bikin saya ..apa ya..heran heran dobel heran. Beberapa waktu lalu saya dan beberapa teman bimbel jaman sma janjian untuk reuni di salah satu mal Jakarta. Kebetulan saya dan sebut saja B datang duluan. Setelah ngobrol soal memori jaman bimbel dulu, saya tertarik untuk meminjam ipodnya, bukan karena ingin tahu lagu-lagu yang biasa dia dengarkan, tapi saya lupa bawa ipod dan tidak terbiasa dengan kuping kosong melompong. Saya mulai melihat-lihat lagu apa yang kira-kira bisa di dengar. Melihat album-album yang ada didalam ipodnya, saya berguman dalam hati keliatannya sih selera musiknya berbeda dari yang lain. Jujur aja saya mah ga tau-tau banget, cuma sering denger disebut-sebut sama temen-temen seniman..cieee seniman..
Eh eh tapi ternyata ada yang mengganjal setelah saya lihat recent played dan top rated. Kebanyakan band-band lokal bermajor label. Nah loh..ko bisa?
Iseng-iseng berhadiah saya coba tanya sama yang bersangkutan. Dan inilah jawabannya sodara-sodara :


" hahahahahaha itu cuma buat pajangan, jaga-jaga aja kalo gebetan minjem-minjem ipod gw. Jujur aja kol, gw mah ga ngerti-ngerti amat sama musiknya, cuma kebanyakan temen-temen gw bilang keren dan ga pasaran.."


T__T

Andai kata gebetan lo nanya soal musik-musik yang ada di ipod lo, lo mau jawab apa?
gw copy paste-in jawaban jujur lo ke wallnya dia ya..seru juga kayanya hahahahahaha, serius deh dari bingung sampe jadi ngakak sendiri..hahahahahaahha aya-aya waeeee euy!
Jadi diri sendiri aja atuh lah, kalo emang ada salah satu lagu afgan, ran atau rio febrian yang kita suka, akuin aja *walaupun bagi sebagian orang di anggep sebagai guilty pleasure. Lagian buat apa juga kita pasang lagu begituan tapi begitu ditanya historynya malah memble.
Masih ya hari gini peduli sama komentar orang soal selera musik yang kita anut??. Mamam tuh komentar orang!!


Tau lagunya afganistan, kahitna atau bcl sama christian bautista yang baru ga?? enaaaak loooh didengerin malem-malem pas mau tidur..cihui n_n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar