11 Jun 2010

Greeting itu perlu..


(Theme song-telephone-lady gaga Ft Beyonce Knowles)


Beruntung saya dibesarkan dalam keluarga yang tidak cuek dengan tata krama, sopan santun dan bersikap dalam keseharian. Termasuk salah satunya adalah sopan santun dalam berkomunikasi melalui telephone. Mungkin buat sebagian orang greeting atau menggunakan retorika yang baik dalam bertelpon menjadi hal yang tidak penting. Tapi buat saya itu penting. Apalagi telepon yang dituju adalah telpon rumah. Jelas beda dengan handphone yang bersifat personal. Telepon rumah itu umum, bisa ditujukan untuk orang tua, kakak atau adik. Dan coba bayangin deh pas nelpon rumah temen begitu diangkat kita langsung ngucap nama orang yang dituju, dan ternyata yang ngangkat teleponnya itu ibunya, atau bapanya atau bisa juga eyangnya..orang yang lebih tua dari kita, orang yang harus kita hormati dalam bertutur kata terus tiba-tiba mendapat perlakuan sedemikian rupa ditelpon? sopan ga kira-kira? enak didenger kuping ga kira-kira?


Dan jujur aja saya sering mendapat perlakuan demikian ketika sedang dirumah. Menerima telpon dan langsung menyebut nama orang yang dituju T__T..
Assalamualaikum kek, selamat pagi kek terus dilanjutin sama kalimat tanya bisa berbicara dengan orang yang dituju apa engga.
Maen slanang slonong boi aja, suka gemes dan kepengen nabok!! ihh..

Dan ternyata bukan hanya telpon yang mewakili orang secara personal, ada sebagian dari mereka yang mewakili sebuah perusahaan mempunyai attitude 11-12. Dan saya mengalaminya belum lama ini, ketika menerima undangan interview dari sebuah perusahaan. Nama perusahaannya apa, bergerak dibidang apa dan lokasi dimana saya juga ga tahu (bukan saya ga mau menghapal nama-nama perusahaan yang sudah saya kirimkan lamaran, tapi saya rasa dia perlu menyebut kembali nama perusahaan guna mengingatkan saya sebagai pelamar). Karena begitu saya mengucap selamat siang, si penelpon langsung menanyakan perihal saya sudah mengecek email yang dia kirim apa belum. Eh?? email?? sebut nama dulu mba, dari perusahaan mana dan berkepentingan apa. Straight to the point lo bikin gw ogah dateng tau ga, ngak ngak ngik nguik aja ngomongnya. Kasian amat perusahaan yang udah nampung si mbanya, image rusak gara-gara attitude berteleponnya nol besar.

Yeaaah ternyata ga jaminan orang berpakaian rapi ala kantoran menguasai aturan bertelepon yang baik. Entah karena kantor tempat dia bekerja tidak terlalu mempermasalahkan atau memang si penelponnya aja yang kalo kata orang jawa ndablek alias susah diajarin. Jadi semaunya dewek aja deh.

Dulu ya jaman saya magang di radio, jujur saya mengalami gugup luar biasa ketika dikasih kerjaan di suruh nelponin orang-orang untuk datang ke acara radio tempat saya magang. Beruntung latar belakang pendidikan saya adalah komunikasi, jadi terkadang suka mempengaruhi segala tindak tanduk saya sebelum melakukan komunikasi dengan orang lain baik melalui telepon atau bertatapan langsung. Template, yess saya selalu membuat sebuah template sebelum memulainya. Karena dengan begini point-point yang akan saya sampaikan bisa tersampaikan berdasarkan step-step yang telah saya buat.

Lesson for today : Greeting itu perlu. Karena ga sedikit orang menilai langsung ketika memulai pembicaraan melalui telpon.

2 komentar:

  1. hahahaha, gue mah lupa lupa inget kalo nelfonin org ngucap selamat siang pagi atau malem. kebiasaan yg ditelfonin bocah bocah siii

    BalasHapus
  2. hahahaha dasar lo..tapi kadang kalo nerima telpon dihape udah ketauan dari siapa, suka maen ..apeeh? tumbeen telpon..atau ga pas lo telpon..greetingnya..apan nyet..hahahahaha..

    BalasHapus